welcome to my life...

Saya ucapkan terimakasih buat yang rela berkorban waktu dan pulsanya bahkan harga dirinya demi mengunjungi blog saya,berarti anda termasuk orang yang ruar biasa karena mau berkorban segalanya demi membaca tulisan-tulisan saya,saya sangat salut dengan anda, dan saya doakan anda segera insyaf.....:)


Saturday, June 26, 2010

tips perawatan aki sepeda motor

Buat yang punya sepeda motor pasti ga asing lagi dong dengan yang namanya AKI alias ACCU. aki, accu atau baterai mempunyai fungsi untuk menyimpan energi listrik dan dapat diambil apibila dibutuhkan sewaktu-waktu. ato kalo belom ngeh juga,itu tu yang paling sering disalahin kalo kita mencet electric starter tapi ga bisa,cuma kedenger engkek..engkek..gt...
Apabila uda kejadian seperti yang baru saya bilangin, Ada yang bilang kalo uda gitu berarti aki uda koit harus ganti atau di chas terlebih dahulu atau bahkan cuma kurang pegisian airnya aja.kalo uda gini apa harus yang dilakuin??
Bagi yang punya bebek sih ga masalh aki biasanya awet 2taunan bahkan lebih asal tidak telat ngisi airnya aja dan kalopun harus ganti pasti masih sangat terjangkau kalaupun tidak bisa nyari merek abal2 atau sekalian nyari yang seken di tempat jualan aki bisa dapet murah deh. Nah kalo yang punya tigi(A.K.A honda tiger) ,sama seperti yang saya alami,semua harag spare part ni motor bener ajib banget,diluar jangkauan dah,mana gt nyari merek abal-abal spare part tigi di daerah saya sulitnya melebihi makan nasi seafood satu bakull(eh itu gampang ya,hehe..). penyebab ga awetnya aki tigi karena begitu borosnya penggunaan aki yang disebabkan keseringan lupa matiin lampu utama dan juga adanya peraturan sepeda motor harus “light on” menjadikan tu tigi rakus banget sama yang namanya aki,make bisa awet 2 taun tu uda ajaib banget dah, paling juga 1 sampe 2taunan kalo anda termasuk golongan yang beruntung(emang undian apa pake beruntung segala). Penyebabnya dari  yang saya dapet dari pendapat teman-teman saya yg juga pengguna tigi ialah karena bedanya lampu utama ga ambil dari putaran mesin tapi langsung dari aki (CMIIW),hampir kayak mobil gt lah ga kayak bebek yang harus idupin mesin buat menikmati cahaya lampu utamanya.
Ternyata eh ternyata,dari para suhu di dunia per-tigi-an,ditemukanlah sebuah ramuan ajaib yang bisa membuat awet ntu aki tigi.nama ramuannya EDTA beli aja ditoko kimia atau toko yang ngejual bahan kimia dan bilang beli EDTA ntar ente-ente akan dikasih bubuk berwarna abu-abu keiteman.gini cara pakenya :
1. ambil bubuk tsb 3-6 sendok teh, dimasukan kedalam air aki warna biru yg 1liter
2. aduk hingga merata
3. cabut aki motornya lalu air akinya yg ada didalam motor dibuang smp setengahnya aja
4. masukan ramuan tadi kedalam lubang2 sel aki motor smp upper (seperti ngisi biasa)
5. pasang kembali akinya kemotor, lalu nyalakan motor seperti biasanya

nah yang dari saya dapet waku kuliah di teknik kimia,ni EDTA emang berfungsi sebagai chelating agen atau bahasa mudahnya ni bahan mempunyai kemampuan untuk menyita logam ion seperti Ca2+ atau Fe3+ yang mana biasanya kerusakan aki disebabkan:
1.terlambatnya pengisian ulang air aki warna biru(bukan yang merah). kalo disebabkan gini,tinggal tambahi aja sampai batas upper kemudian nyalakan mesin dan gunakan beberapa saat asal sel dalam aki masih bagus(belom melengkung karena terlambat ngisi),aki masih bisa tertolong.
2.karena air yang digunakan untuk pengisian berkualitas jelek dan masih mengandung banyak mineral. yang mengakibatkan sel dalam aki jadi kotor kayak ditempeli lumut gt tapi warnanya putih ato item. sebab yang kedua inilah yang bisa disembuhkan dengan ramuan ajaib tadi..
begitu inpormasi yang saya dapet dari teman saya yang juga make tigi dan ramuan tsb bisa dipake utk pengisian reguler, sebulan sekali jika berkurang isi lagi. ramuan ajaib itu paling ga bisa menmperpanjang umur aki kita.Yang menggembirakan ialah ramuan tersebut bisa untuk semua aki asal tipe nya aki basah..

No comments:

Post a Comment