welcome to my life...

Saya ucapkan terimakasih buat yang rela berkorban waktu dan pulsanya bahkan harga dirinya demi mengunjungi blog saya,berarti anda termasuk orang yang ruar biasa karena mau berkorban segalanya demi membaca tulisan-tulisan saya,saya sangat salut dengan anda, dan saya doakan anda segera insyaf.....:)


Tuesday, June 8, 2010

Tips servis karburasi dan sepeda motor dirumah

lebih hemat, aman dan motor terawat


banyak yang mempunyai sepeda motor sendiri namun seringkali tidak bisa atau tidak tahu menahu mengenai merawatnya dan hanya bisa menyerahkannya ke bengkel resmi maupun bengkel umum pinggir jalan. kalau duit banyak dan waktu luang sih oke-oke aja ke bengkel resmi,atau punya saudara atau teman dekat yang buka bengkel umum sih ga papa kita menyerahkan sepeda motor kesayangan kita ke bengkel umum tersebut. bukannya saya tidak percaya ataupun menjelek-jelekan bengkel umum tapi siapa sih yang mau ditipu aabis-abisan sama montir-montir nakal gitu. pada uda pernah liat di transtv reportase sore atau stasiun tv yang lain yang menayangkan bagaimana montir bengkel umum yang mencurangi kita dengan mengganti salah satu spare part kita dengan imitasi kan. jadi dengan sangat saya menyarankan jangan pernah menyerahkan sepeda motor kita ke bengkel umum yang belum jelas benar reputasinya, kadang uda bagus reputasinya pun masih aja berbuat curang kok, jadi satu-satunya jalan ya cari bengkel resmi atau bengkel umum yang kita kenal dekat atau servis sendiri dirumah bagi pemula yang
caranya mau saya jabarkan dibawah ini.

biasanya kalau kita servis sepeda motor di bengkel resmi ada beberapa poin yang dikerjakan

seperti:
1. membersihkan dan stel karburasi
2. stel klep
3. periksa dan kencangkan seluruh baut sepeda motor
4. periksa dan tambah air aki (bagi yang menggunakan aki tipe basah)
5. Periksa nyala semua lampu ( baik sein, lampu utama,dan indikator -indikator)
6. ganti oli mesin
7. cek minyak rem maupun kampas rem depan belakang
8. Periksa, kencangkan dan lumasi rantai
9. periksa ketebalan ban
10.periksa sistem peredam kejut (shock absorber)
mungkin masi ada yang lain lagi yang bisa ditambahkan namun garis besar dan pokok pengerjaan servis ringan sepeda motor ya seperti yang saya tulis diatas. Untuk pengerjaan stel karburasi dan stel klep (langkah nomor 1 dan 2) merupakan poin yang rawan kalau kita menyerahkannya ke bengkel umum, kenapa??ya karena untuk mengerjakannya perlu melepas bodi dan karburasi, yang bisa saja terjadi penukaran spare part seperti yang kita khawatirkan. untuk langkah yang lain kemungkinan sangat kecil karena sifat pengerjaan yang ada paling hanyalah pada poin mengganti oli mesin dimana tidak semua oli dimasukkan disisakan seberapa untuk mereka ambil. memang sih bukan hal yang bahaya kalau kita membeli oli 1 literan sedangkan kapasitas mesin motor kita hanyalah 0,8 liter jadi sisa 0,2 liter bolehlah diambil. namun yang ditakutkan ialah oli yang kita beli 0,8 liter/1 liter namun yang dimasukan hanya 0,6-0,7 liter bagaimana??mesin bisa ambrol tuh lama-lama, apalagi kalau oli yang kita beli disitu ternyata palsu,semakin cepatlah mesin motor kesayangan kita hancur. ga mau kan? makanya untuk servis ringan kita kerjakan saja sendiri sekalian mengisi waktu libur kita,sehari setiap akhir bulan (atau kilometer sudah menunjukan waktunya servis) kita abisin buat servis ringan. untuk awalnya memang akan sangat suuliit sekali apalagi bagi yang belum pernah sama sekali melakukannya. oke yang punya duit lebih bisa bawa ke bengkel resmi yang mau hemat ya kita selang seling aja, 3x kita servis sendiri sekali di bengkel resmi. ada yang bingung tentang gimana cara servis karbuarasi?jangan-jangan ntar malah rusak??tenang kawan sekarang banyak kali dijual di supermarket besar maupun kecil carburator cleaner. oke tahapanya akan saya jelaskan lebih rinci lagi.
1. langkah pertama ialah melepas bodi sepeda motor kita.
tapi sebelumnya berdoa dulu( :) ) dan juga kita buat list dengan isi 10 langkah servis ringan diatas,apabila salah satunya sudah kita kerjakan, kita beri check(contreng) untuk pertama kali, kita belajar dulu, lepas satu sekrup / baut, kita letakan di tempat khusus.misal untuk sepeda motor jenis bebek ialah sekrup tebeng (entahlah nama yang benar apa,tapi yang saya maksud disini ialah benda di bawah stang jenis bebek yang berfungsi sebagai penahan angin) depan sebelah kanan, kita letakan di tempat A sambil kita ingat baut itu letaknya dimana saja. untuk tebeng tengah dan tebeng kiri kita letakan di tempat b dan c dan seterusnya, biasanya satu tempat ga bisa dimasukan dengan sekrup yang ga cocok, jadi mudah sekali kan kita mengingatnya.
2. lepas filter atau saringan udara.
untuk bautnya kita perlakukan sama dengan langkah nomor 1, selanjutnya kita lihat termasuk tipe apa filter sepeda motor kita yang tipe kering seperti kertas atau seperti busa spon??untuk yang kering kita lakukan langkah pembersihan sederhana dan untuk yang spon bisa kita cuci lalu dikeringkan setelahnya diolesi oli mesin tipis-tipis saja. tapi ingat, waktu mencuci jangan diremas, perlakukan sehalus mungkin. kalau sudah masukan busa kedalam tempatnya.
3. Pembersihan karburasi dan ruang bakar
yang bener-bener ga bisa dan ga paham sama karburasi jangan coba-coba untuk membuka sendiri, lebih baik kita bersihkan karburasi dan ruang bakar menggunakan carburator cleaner. panasi dulu mesin motor, standartkan tengah, saat mesin uda panas semprot carburator cleaner ke corong karbu sampai dan juga lubang kecil-kecilnya di permukaan corong sambil kita tarik gas dan jaga mesin jangan sampai mati, kalau mati ya idupin lagi. kalau udah merasa carburator cleaner masuk sempurna ke dalam karbu(dalam beberapa semprotan), matikan mesin kemudian lepas busi. bersihkan ujung busi(elektroda) yang masuk kedalam ruang bakar (tempat nyoloknya busi ke sepeda motor) atupun yang tersambung dengan kabel dengan semprotan carburator cleaner. kemudian periksa kerengangan celah elektroda busi, sesuaikan kerengangan dangan buku petunjuk manual sepeda motor kita yang kita dapat waktu pertama kali beli. lihat juga apakah warna elektroda busi sepeda motor kita. kalau setelan karbu benar warnanya putih agak kecoklatan, kalau warnanya item berarti campuran di karburasi terlalu kaya bahan bakar miskin udara dan apabila warnanya putih berarti terlalu miskin bahan bakar namun kaya udara. bisa kita bilang waktu servis di bengkel resmi sebagai keluhan.kemudian cek busi apakah masi bagus nyalanya atau tidak dengan cara busi terpasang di ruang bakar, namun tidak terpasang dengan kabelnya(cop busi). kita lepas cop busi(yang menyambungkan antar kabel dengan kepala busi) hingga tinggal tampak kabelnya. kita start mesin sampe nyala dengan kabel kita beri jarak terhadap kepala busi yang runcing,kita lihat apakah nyalanya terang atau redup.untuk motor yang normal pasti nyala kilatnya terang. tapi perlu hati-hati jangan sampai kita kesetrum, kan ga lucu tu,hehe..dan juga jangan sampai menyambar ceceran bensin, bisa meledak entar. setelah itu matikan mesin dan kita lepas busi dari ruang bakar kemudian kita semprot carburator cleaner kedalamnya beberapa semprotan. selanjutnya pasang busi kembali dan pasang saringan udara.
4. Ganti oli
buka baut penutup oli di blok mesin sebelah kanan. kemudian buka baut pembuangan, kalau bingung nyarinya baca di buku petunjuk manual, tapi jangan lupa siapkan wadah sebagai tempat pembuangan oli bekas tepat di bawah baut,jadi kalau baut pembuangan telah terlepas,oli bekas langsung tertampung di wadah dan tidak tercecer. untuk wadahnya, sesuaikan dengan kapasitas oli mesin kita, untuk baiknya gunakan saja wadah yang lebih besar dari kapasitas mesin kita. kalau sudah hampir habis terbuang, miringkan sepeda motor ke kanan dan ke kiri agar oli terbuang sempurna. kalau sudah, pasang kembali baut pembuangan, masukan oli baru sesuai kapasitas, pasang kembali baut penutup oli di blok mesin mesin bagian kanan.
5. lakukan langkah lain di dalam list kita selain 4 langkah diatas.
ya kita tinggal melakukan langkah-langkah ringan seperti cek air aki, cek rem depan dan belakang. untuk jenis rem tromol apabila jarak main tuas rem terlalu panjang bisa dikencangkan baut penahan tromolnya dan dari tanda di tromol roda bisa dilihat apakah sudah mau habis atau belum setelah kita kencangkan bautnya. untuk jenis disk brake(rem cakram) diliat saja di kaliper rem (bagian yang yang menjepit disk cakram) apakah kampas remnya sudah melampaui batas belum. apabila sudah waktunya mau ganti ya kita bawa saja ke bengkel resmi atau beli spare partnya disana kemudian kita pasang sendiri(untuk cara pasang sendiri bagi pemula sangat riskan, sebaiknya di bengkel resmi,kita lihat cara-caranya kemudian kita pelajari sendiri dirumah, lain kali kita praktekan sendiri, dijamin lebih murah dan terpercaya. karena mengganti kampas rem sendiri sebenarnya sangat mudah dan kesalahan dalam memasang mengakibatkan tidak dapat terpasang kembali,sehingga kemungkinannya kecil kita mengendarai dalam keadaan tidak tahu kalau perangkat rem tidak terpasang secara benar. sehingga faktor keamanan dapat terjaga. untuk rantai yang kendor, renggangkan baut pemasang as roda belakang di sebelah kanan swing arm(lengan ayun) jangan dilepas,cukup rengangkan saja dengan menggunakan 2 kunci pas untuk melepasnya. satu kunci untuk merenggangkan baut di sebelah kanan swing aram dan satu kunci untuk memegang baut di sebelah kiri swing arm.setiap merek kendaraan berbeda-beda ukurannya namun selalu sesuai dengan kunci pas bawaan motor kita. setelah itu kencangkan baut pengencang rantai di bagian belakang swing arm yang menonjol kebelakang (apabila tidak tahu,lihat di buku petunjuk manual sepeda motor anda berikut jarak main kekencangan rantai yang dianjurkan). sesuaikan pengencangan antara swing arm kanan dan kiri kalau sudah pasang kembali baut pemasang as roda belakang. untuk stel klep, kalau motor kita normal ga perlu sering-sering banget mengencangkan atau mengendurkan setelan klep.
6. pengecekan sebelum pemakaian
pasang kembali bodi sepeda motor,cek semua baut yang kita lepas apakah ada yang belum terpasang atau belum terpasang secara sempurna. kemudian kita nyalakan sepeda motor, setelah disemprot dengan carburator cleaner memang mesin akan sulit hidup untuk pertama kalinya, gunakan engkel dan chuk(choke) kemudian gas kita buka sedikit. nyalakan mesin selama beberapa saat supaya oli baru bisa melumasi dan melindungi seluruh bagian mesin kemudian gunakan jalan keliling komplek rumah, lihat,rasakan dan dengarkan semua bagian sepeda motor apakah ada yang aneh atau berbeda. setelah sampai rumah cek kembali semua baut dan semua bagian sepeda motor.setelah dirasa aman dan pengecekan komplit barulah bersihkan sepeda motor dan tempat anda menyervis tadi. untuk oli sesuai standart sepeda motor bisa di beli di bengkel resmi. sedangkan untuk pembelian oli merek lain dan carburator cleaner saya sarankan di supermarket besar saja, selain faktor harga yang lebih murah juga menjamin keaslian produk.mari kita bandingkan pengeluaran yang kita lakukan. untuk harga  mengacu waktu saat say memposting tulisan ini yaitu juni 2010.
1. 4 x servis ringan sendiri + 1x servis bengkel resmi
harga carburator cleaner cuma 30.000 - 40.000 IDR dan itu yang kapasitas besar bisa digunakan hingga 3-5 kali sevis ringan yang kita lakukan. untuk sekali servis di bengkel resmi, sepeda motor bebek berkisar antara 25.000 - 35.000 IDR. bila kita servis ringan sendiri sampai 4x kemudian servis di bengkel resmi 1x bukankah biaya servis cuma 40.000 (harga carburator cleaner) + 35.000(harga sekali servis di bengkel resmi) = 75.000 IDR (saya bulatkan ke harga terbesar). dan waktu kita servis di bengkel resmi kita omongkan semua keluhan yang sudah kita pahami selama 4 x servis ringan serta untuk sekali ini motor kita bisa sekalian di stel klepnya.
2. 5x servis ringan di bengkel resmi = 5 x 35.000 = 175.000 IDR.
3. 5x servis bengkel umum = 5 x 20.000 = 100.000 IDR
namun itu belum termasuk kecurangan yang dilakukan, bersiaplah mengeluarkan duit yang lebih banyak,hehe..

apabila kita memilih cara pertama kita bisa menghemat sampai 100.000 IDR. selain motor terawat baik, lebih hemat dan ga jadi sasaran penipuan. jadi  ga ada alasan lagi untuk ke bengkel umum ecek-ecek yang akan mencurangi kita kan??
tapi menurut saya ga semua bengkel umum buruk, pilihlah dengan seksama dan hati-hati karena memang sulit,hehehe...

No comments:

Post a Comment