welcome to my life...

Saya ucapkan terimakasih buat yang rela berkorban waktu dan pulsanya bahkan harga dirinya demi mengunjungi blog saya,berarti anda termasuk orang yang ruar biasa karena mau berkorban segalanya demi membaca tulisan-tulisan saya,saya sangat salut dengan anda, dan saya doakan anda segera insyaf.....:)


Wednesday, May 12, 2010

flashback..

Sebenernya ni postingan  pernah saya posting di blog saya dulu disini, tp berhubung uda abis masa aktipnye(ceileee...emang kartu telpun apa), alias uda ga saya jamah lagi dan isinya yg lumayan bagus, jadi saya posting lagi aja...

Sore hari sepulang dari rumah calon istri saya yang berada di bilangan sukoharjo, mendung terlihat menggelayut dengan manjanya diatas langit. Baru setengah perjalanan dengan motor kesayangan, tiba –tiba hujan turun tanpa ampun.. saya yang kebetulan tidak siap membawa peralatan tempur menghadapi hujan ( a.k.a mantol ) kelimpungan hunting lokasi sebagai tempat perlindungan dari serangan hujan yang semakin ganas menerpa tubuh. Setelah tengok kanan kiri depan belakang bahkan sampai atas bawah, akhirnya ketemu emperan toko yang agak luas di sebelah kiri jalan.


Motor saya standarkan, kemudian saya duduk manis diatasnya dengan perasaan jengkel tiada tara, ” hujan lagi,,hujan lagi…ga capek apa hujannya tanpa libur sehari aja…” gitu pikir saya dalam hati. Memang, bagi saya, yang termasuk kaum nglajo, hujan merupakan suatu tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, motor harus sering dicuci, kemana2 terhalang hujan, harus menanti redanya hujan, belom kalo ternyata lupa bawa mantol, mau pulang kerumah harus antri supaya hujannya lewat dulu. Masih mending kalo hujanya turun waktu mau pulang kerumah, na kalo lagi mau berangkat…terpaksa deh dapet marah dosen karena datang terlambat, sialnya lagi, hujan ga bisa buat alasan yang masuk akal kayak alasan klise yang masuk jajaran TOP chart para murid yang datang terlambat,,”maaf pak, ban sepeda motor saya bocor…” lha kalau hujan apa harus bilang, ” maaf pak, langit diatas saya bocor dan kebetulan saya lupa bawa mantol, tapi sumpah pak, bukan saya yang bocorin, bocor sendiri kok pak…” kalo sampe bilang gitu, ketahuan deh kalo ternyata otaknya otak TK yang berlagak sarjana….
Lagi sibuk mikir mau buat surat protes ke hujan, datang seorang bapak tua yang memikul sapu lidi ( yang mungkin barang dagangannya,kan ga mungkin kalo itu barang simpenannya…kalo barang simpenan ya disimpen bukan ditenteng2 to…) sebagai orang berkebudayaan jawa khususnya bagian surokarto hadiningrat, yang lebih muda harus menghormati yang lebih tua dan sekedar berbasa-basi untuk menunjukan keramahan. Saya pikir, sulit juga ya membawa nama baik sebagai orang asli solo, membuat nama buruk sih hobi saya, xixixi…. Kembali ke bapaknya, saya memulai percakapan seperti ini : (ini percakapan uda saya edit tanpa mengurangi makna aslinya).
Saya, yang selanjutnya disebut AC ( anak cakep ) : selamat sore pak,, mau pulang ya pak…
Bapak penjual sapu, yang selanjutnya disebut BT (bapak tua ) : sore nak… iya, bapak mau pulang tapi kehambat hujan..jadinya berteduh dulu.. tubuh sudah tua begini ga bias dipaksa hujan-hujanan nak…
AC : wah, kalau musim hujan gini, rejeki seret dong pak…
BT : iya nak, seharian ini tadi baru laku satu buah… dan itu aja untungnya mepet banget, saya kasian karena yang beli korban banjir di deket sungai bengawan solo, katanya mau buat bersih-bersih rumah.. ya sudah, harga yang dia tawar langsung saya setujui, untung saja ga rugi…
AC : iya pak, hujan-hujan gini emang buat jengkel ya pak… Cuma bikin susah…
Bapak tersebut Cuma tersenyum mendengar perkataan saya barusan.
BT : enggak gitu nak, saya selalu senang baik itu musim hujan atau kemarau..musim hujan gini ladang saya dirumah jadi bisa ditanami ( setelah saya tanya2 lagi, ternyata bapak ini asli wonogiri dan di solo sama istri dan anaknya yang cuma kontrak sambil nunggu musim tanam ), istri yang jualan jamu gendong makin laris dan anaknya bisa ojek payung di depan salah satu supermarket besar atau pasar tradisional yang dekat kontrakan.
Saya sudah ga inget lagi apa yang saya omongin dengan bapak tua tersebut, bukannya menderita ingatan jangka pendek, ADD ( attention deficit Disorder ) ataupun AIDS, tapi emang jawaban terakhir dari bapak tua tersebut menggetarkan hati saya kalo ga mau dibilang menyadarkan saya dari jalan pemikiran yang salah selama ini. Saya Cuma mikir apa-apa dari sisi saya sendiri. Sampe mo protes kepada hujan,,, padahal Tuhan sudah begitu adilnya… coba diliat, usaha laundry pakaian, usaha cuci mobil motor, usaha mantol, payung, dsb. Mereka semua panen rizki pada musim penghujan ini. Itulah ilmu secuil yang besar manfaatnya bagi saya yang saya rasa belum pernah saya dapatkan dari bangku pendidikan maupun bangku-bangku yang lain semenjak kecil sampe menjadai siswa yang paling maha alias mahasiswa.

No comments:

Post a Comment